Informasi Dunia PC Hardware dan Teknologi

Menengal Unlock Bootloader pada Android Beserta Resiko dan Manfaatnya!


Halo kawan TP, tahukah kalian setiap smartphone dengan sistem operasi android memiliki bootloader. Masih banyak diantara kita yang tidak tahu tentang apa itu bootloader. 

unlock bootloader
Sumber: lineageosroms.org

Apa yang dimaksud Bootloader?


Bootloader adalah sebuah program yang berfungsi untuk memuat OS ketika hp dalam proses booting. Konsep bootloader bersifat universal untuk semua jenis OS yang sistemnya tertanam di PC, laptop, smartphone, dll. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Kebanyakan smartphone android yang beredar di pasaran saat ini, bootloadernya dalam kondisi locked. Hal ini dikarenakan pihak vendor tidak ingin penggunanya mengoprek smartphonenya. Selain itu mungkin juga pihak vendor ingin para penggunanya tetap memakai versi OS android yang telah mereka rancang. Dalam kondisi locked bootloader, akses kita terhadap smartphone sangat terbatas. Sehingga untuk flashing kernel, custom rom, dan custom recovery kita harus melakukan unlock bootloader terlebih dahulu. Jika kita telah melakukan maka akses kita terhadap smartphone menjadi tidak terbatas, kita bisa bebas flashing custom rom, custom kernel dan custom recovery.

Lalu perlukah melakukan unlock bootloader?

Jawabannya tergantung kebutuhan kalian. Jika kalian merupakan pengguna yang tidak mau ribet untuk menggunakan smartphone maka ada baiknya tidak usah melakukan UBL. Namun jika kalian merupakan pengguna yang suka bereksperimen dan menginginkan pengalaman lebih dalam menggunakan smartphone, UBL cocok untuk dilakukan. 

Manfaat unlock bootloader antara lain:

  1. Dapat menginstall custom recovery (CWM, TWRP, CTR)
  2. Bebas gonta-ganti custom ROM
  3. Dapat melakukan fashing kernel
  4. Bebas untuk melakukan root
  5. Dapat melakukan overclock CPU
  6. Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang smartphone android

Resiko unlock bootloader antara lain:

  1. Garansi hilang/hangus
  2. Keamanan  menjadi berkurang
  3. Bootloop
  4. Hard brick
  5. Mati total
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan  like fanspage kami @teknoparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.
0 Comments